Gizi Seimbang Wujud Mencapai Generasi Emas Berkarakter dan Berbudaya
Abstract
Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Dampak yang signifikan yang muncul adalah banyaknya anak yang mengalami gizi buruk. Dengan era baru ini perlu adanya upaya untuk memperbaiki gizi anak salah satunya dengan sosialisasi gizi kepada orang tua, serta alternatif pangan sebagai upaya untuk mencukupi gizi anak. Gizi yang terpenuhi atau seimbang berdampak pada meningkatnya kemampuan kognitif dan aktivitas yang dilakukan anak. Tujuan pengabdian ini memberikan informasi tentang alternatif pangan untuk memenuhi gizi dan pola pembelajaran anak untuk membentuk anak berkarakter dan berbudaya. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi secara simultan selama 6 bulan dalam kegiatan posyandu. Hasil pengabdian orang tua lebih spesifik berkonsultasi mengenai perkembangan anaknya terutama berkaitan dengan alternatif pangan untuk mencukupi gizi anak. Gizi anak yang terpenuhi mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu mempermudah proses adaptasi dalam membentuk karakter anak sehingga lebih berkarakter dan berbudaya sesuai dengan budaya yang ada di lingkungannya.
Downloads
References
Amirullah, A., Andreas Putra, A. T., & Daud Al Kahar, A. A. (2020). Deskripsi Status Gizi Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Pada Masa Covid-19. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.3
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hardiyanti, D. (2022). Peran Guru Dalam Pemberian Informasi “ Isi Piringku ” Tentang Gizi yang Optimal pada Anak Usia Dini kepada Orang Tua Murid di Wilayah Banyumanik. 2, 244–252.
Lestari, C. R., Elawati, N. E., Wani, E., & Bulan, S. (2021). PKM Penyuluhan Menjaga Imunitas saat Berpuasa pada Masa Pandemi dan Pemeriksaan Kesehatan Desa Sukorejo Kabupaten Pekalongan. Manggali, 1, 108–124.
Lidia, K., Levina, E., Setianingrum, S., Folamauk, C., Riwu, M., Lidesna, A., & Amat, S. (2020). Peningkatan Kesehatan dengan Suplemen dan Gizi Seimbang di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 63–68.
Rosidah, C. T., & Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pigur, 1(1), 40–50.
Slamet, S., Irdyansah, A., Irnawati, I., & Tugino, T. (2022). Penanaman Nilai-nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Manggali, 2(1), 76. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1969
Slamet, Winarni, D. S., Khasanah, Nugraheni, D., & ... (2022). Gizi Anak untuk Tumbuh Kembang di Masa Pandemi. Manggali, 2, 220–227. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2202%0Ahttps://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/download/2202/1613
Sukoco, S., & Sayekti, S. (2022). Penyuluhan Tentang Kedisiplinan Mematuhi Protokol Kesehatan dalam Era Pandemi Covid-19 di Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Manggali, 2(1), 148–157.
Suryani, L. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Payung Sekaki Pekabaru. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 1(2), 47–53. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jomis/article/view/198