Literasi Digital Dampak Penggunaan Gadget bagi Anak dan Cara Mensiasatinya
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan ditandai munculnya berbagai alat-alat komunikasi. Usia 5-12 tahun dikatakan sebagai generasi multi-tasking. Peran orang tua yang dapat membimbing serta mengawasi anak dan remaja dalam penggunaan gadget yang baik. Tidak hanya dari peran orang tua dalam mencegah kecanduan gadget, peran guru di sekolah juga berperan penting dalam penggunaan gadget yang baik agar kesehatan mental tidak terganggu akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Tujuan kegiatan meliputi bertambahnya pemahaman orang tua siswa tentang generasi di era digital; arti penting peran pendidikan keluarga dalam era digital; bertambahnya pemahaman dan pengetahuan orang tua siswa tentang dampak penggunaan gadget bagi anak-anak dan cara mensiasatinya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan menggunakan metode sosialisasi melalui ceramah, diskusi/tanya jawab, dan demonstrasi/praktek. Peserta Kegiatan adalah ibu-ibu dan orang tua murid TK di Desa Wonosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Hasil kegiatan menunjukkan pemahaman pendidikan keluarga, pengetahuan orang tua tentang dampak penggunaan gadget bagi anak-anak dan cara mensiasatinya.
Downloads
References
Berita Satu, 2012. Wah, 38 Persen Pengguna Facebook Anak Dibawah 13 Tahun [Online] (Updated 27 April 2012) Diakses dari: http://www.beritasatu.com/berita-utama/42503-wah-38-persen-pengguna-facebook-anak-dibawah-13-tahun.html [15 November 2012]
Garini. 2013. Gadget Positif dan Negatif. Diakses dari http://belajarpsikologi.com/pengertianinteraksi-sosial pada tanggal 25 Agustus 2019, pukul 15.00 WIB.
Ilham, O. K. 2011. Gadget, Makanan Apa Itu? Diakses dari www.m.kompasiana.com; pada tanggal 23 Agustus 2019, pukul 15.22 WIB.
Manumpil, B., Ismanto, Y., Onibala, F. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi. http://ejournal.unsrat.ac.id. Diakeses pada tanggal 31 Agustus 2019.
Maulida, H.O. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Semarang: Universitas NegeriSemarang. http://jurnalilmiah./2013/11/menelisik-pengaruh-penggunaanaplikasi.html. Diakses 26September2019.
Stiffelman, S. 2015. Peran Orangtua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Gadget. https://infokomputer.grid.id/2015/07/berita/berita-reguler/peran-orang-tua-anak-kecanduan-gadge.