Hubungan Goal Orientation dengan Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Allifah Novi Septiani Universitas Ivet
  • Akhmad Nayazik Universitas Ivet
  • Prihadi Kurniawan Universitas Ivet

Abstract

Perilaku menyontek dianggap menjadi hal yang biasa dikalangan siswa maupun mahasiswa, sehingga perlu untuk dicarikan solusi dan langkah pemecahan masalah dalam hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, diantaranya adalah orientasi akademik siswa. Perilaku menyontek dalam penelitian ini dikategorikan menjadi nilai kepribadian menyontek dan kuantitas praktik menyontek siswa. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui hubungan antara goal orientation dengan nilai kepribadian menyontek siswa Sekolah Menengah Pertama pada pelajaran matematika. 2) untuk mengetahui hubungan antara nilai kepribadian menyontek dengan kuantitas praktik menyontek siswa Sekolah Menengah Pertama pada pelajaran matematika. 3) untuk mengetahui hubungan antara goal orientation dengan kuantitas praktik menyontek siswa Sekolah Menengah Pertama pada pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Demak yang diambil 26 siswa dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, soal tes matematika, observasi, dan wawancara. Data penelitian ini dikumpulkan dengan mencari nilai dari masing-masing variabel, yaitu 1) nilai goal orientation, 2) nilai kepribadian menyontek, dan 3) nilai kuantitas praktik menyontek. Analisis data menunjukkan bahwa bahwa ada hubungan yang signifikan antara goal orientation perilaku menyontek siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketiga hasil uji hipotesisnya yaitu: (1). Ada hubungan yang signifikan antara goal orientation dengan nilai kepribadian menyontek. (2). Ada hubungan yang signifikan antara nilai kepribadian menyontek dengan kuantitas praktik menyontek siswa. serta (3). Ada hubungan yang signifikan antara goal orientation dengan kuantitas praktik menyontek siswa.


Kata kunci: goal orientation, kepribadian menyontek, kuantitas praktik menyontek.


 


ABSTRACT


 


Cheating behavior is considered to be common among students, so it is necessary to find solutions and problem solving steps in this matter. Many factors cause this problem, including the student's academic orientation. Cheating behavior in this study was categorized as cheating personality values ??and the quantity of practice in cheating students. This study aims: 1) to determine the relationship between goal orientation and personality values ??cheating junior high school students on mathematics. 2) to find out the relationship between personality values ??cheat with the quantity of practice in cheating junior high school students on mathematics. 3) to find out the relationship between goal orientation and the quantity of practice in cheating junior high school students on mathematics. This type of research is quantitative descriptive research. The research subjects were grade VII students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Demak which were taken by 26 students by random sampling. Data collection methods used were questionnaires, math test questions, observation, and interviews. The research data is collected by looking for the value of each variable, namely 1) the value of the goal orientation, 2) the value of the cheating personality, and 3) the quantity value of the practice of cheating. Data analysis showed that there was a significant relationship between the goal orientation of students cheating behavior. This can be seen from the three results of the hypothesis test, namely: (1). There is a significant relationship between goal orientation and cheating personality values. (2). There is a significant relationship between personality values ??cheating on the quantity of practice in cheating students. and (3). There is a significant relationship between the goal orientation and the quantity of practice in cheating students.


Keywords: goal orientation, personality cheating, quantity of cheating practices.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, H. (2011). Pengaruh self-efficacy, konformitas dan goal orientation terhadap perilaku menyontek (cheating) siswa MTs al-hidayah Bekasi. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1758

Aziroh, L. F. (2018). Pengaruh regulasi diri dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek siswa siswi MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara (Undergraduate, UIN Walisongo). Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/8231/

Darojah, F. (2017). Hubungan Efikasi Diri dan Orientasi Tujuan dengan Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Akuntasi di SMK Tirta Sari Surya Tahun Ajaran 2016-2017 (Skripsi, Universitas Negeri Jakarta). Retrieved from http://repository.fe.unj.ac.id/1332/

Djauhari, D., & Wardani, S. I. (2018). Pengaruh Self-Efficacy dan Harapan Orang Tua terhadap Prestasi Terhadap Perilaku Menyontek pada Siswa. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 11(1), 17–29. https://doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.633

Hendra, H. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Orientasi Akademik Dengan Perilaku Menyontek Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/22158/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Ismatullah, I., & Eriswanto, E. (2016). Analisa Pengaruh Teori Gone Fraud terhadap Academic Fraud di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(2), 134-142–142. https://doi.org/10.23917/reaksi.v1i2.2731

Masrun, Y. I. and. (2004). Hubungan Antara Orientasi Penguasaan dan Orientasi Performasi Dengan Intensi Menyontek (The Correlation between Mastery Oriented and Performance Oriented, and Intention of Cheating). Sosiosains, 17(2004). Retrieved from http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=7113

Miranda, L., P. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar terhadap Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bontang. Ejournal Psikologi, 5(1), 39–51.

Muktamam, M. (2010). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Menyontek (S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/9273/

Murdiansyah, I., Sudarma, M., & Nurkholis -. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Akuntansi Aktual, 4(2), 121–133.

Perianto, E. (2015). Persepsi Mahasiswa Angkatan 2013/2014 Program Studi Bimbingan dan Konseling terhadap Perilaku Mencontek FKIP Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.404

Pujiatni, K., & Lestari, L. (2010). Studi Kualitatif Pengalaman Menyontek Pada Mahasiswa. Retrieved from http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/658

Sagoro, E. M. (2013). Pensinergian Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691

Samiroh, S., & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-Siswi Mas Simbangkulon Buaran Pekalongan. Psikis?: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 67–77.

Schunk, Meece, & Pintrich. (2012). Motivation in education: Theory, research, and applications. Pearson Higher Ed.

Susanto, A. H. (2018). Hubungan kepribadian ihsan dan tekanan akademik dengan perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa di Universitas X di Surabaya (Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/26727/
Published
2019-07-31
How to Cite
SEPTIANI, Allifah Novi; NAYAZIK, Akhmad; KURNIAWAN, Prihadi. Hubungan Goal Orientation dengan Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 307-314, july 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/840>. Date accessed: 06 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.840.

Most read articles by the same author(s)