Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis ICT pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut

  • Arie Wahyuni Universitas Ivet
  • Prihadi Kurniawan Universitas Ivet

Abstract

Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang dalam prosesnya menggunakan komputer, dalam hal ini yang akan dikaji oleh peneliti adalah lembar kerja mahasiswa berbasis ICT. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE dimana terdapat tahap analisis, tahap design, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis ICT pada mata kuliah kalkulus lanjut dan mengetahui efektivitas lembar kerja mahasiswa berbasis ICT yang dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus lanjut. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2017/2018 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ivet. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket validasi dan tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar adalah tes dan instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk mengetahui kelayakan lembar kerja mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis ICT melalui 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Berdasarkan penilaian dari 2 validator yaitu validator ahli materi dan validator ahli media maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasis ICT ini sudah layak dan dapat digunakan untuk mahasiswa yang menempuh mata kuliah kalkulus lanjut. (3) Efektivitas penggunaan lembar kerja mahasiswa berbasis ICT dapat dilihat dari hasil tes belajar mahasiswa, yang mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 70.


Kata kunci: pengembangan, lembar kerja mahasiswa berbasis ICT, kalkulus lanjut.


 


ABSTRACT


 


In the current era of globalization, an important and often preferred learning process is ICT-based learning. ICT-based learning is learning that uses the computer in the process, in this case the researcher will study ICT-based student worksheets. This research development model uses the ADDIE model where there is an analysis stage, design phase, development stage, implementation phase, evaluation phase. The objectives of this research are: (1) Producing ICT based worksheets on advanced calculus courses, (2) Knowing the effectiveness of ICT-based worksheets can be seen from the learning outcomes of students in advanced calculus courses. The subjects in this study were the semester 2 students of the 2018/2019 Academic Year of Ivet University Mathematics Education Study Program. Data collection techniques using questionnaire validation and test sheets. The learning outcome data collection instrument is a test and the instrument used is in the form of a validation questionnaire to determine the feasibility of student worksheets. The results of this study are: (1) Development of ICT-based student worksheets through 5 stages, namely the analysis, design, development, implementation, and evaluation. (2) Based on the assessment of 2 validators, namely the validator of the material expert and the media expert validator, it can be concluded that this ICT-based worksheet is feasible and can be used by students taking advanced calculus courses. (3) The effectiveness of using ICT-based worksheets can be seen from the results of student learning test, which are able to meet the minimum completeness criteria of 70.


Keywords: development, ICT based student worksheet, advanced calculus.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematik Siswa dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Authograph. Jurnal Paradikma, 5(1), 53–69.

Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ambarsari, W., & Santosa, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81–95.

Amelia, O. T. (2013). Pembuatan LKS Fisika Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Kelas X Semester 2. Pillar of Physics Education, 2(1), 89–96.

Andarwati, D., & Hernawati, K. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Topik Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978–979). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara.

Asmani, J. M. . (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva press.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka-tan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus?: Unisda Lamongan). Jurnal SISFO: Inspirasi Profesional Sistem Informasi, 4(5), 352–359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Dewi, K., Sadia, W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1). Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/548

Dinnullah, R. Nur istiqomah. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery-Inquiry Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mercumatika, 3(1), 1–8.

Hansah, F., & Yulianti, D. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Better Teaching and Learning Berketerampilan Proses untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa SMP. Unnes Physec Educatiom Journalournal, 2(3), 61–67.

Haris, J. &. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi pressindo.

Hernawati, K., Mahmudi, A., Lestari, H. P., Pendidikan, J., Universitas, M., Yogyakarta, N., & Pendahuluan, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. In Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (pp. 1–6). Yogyakarta: FMIPA UNY.

Hidayati, D. W., & Kurniati, L. (2018). The Influence of Self Regulated Learning to Mathematics Critical Thinking Ability On 3D-Shapes Geometry Learning Using Geogebra. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 40–48.

Kanasih, I., Sinaga, M. (2014). Enhancing Mathematical Problem Solving and Mathematical Connection Through the use of Dynamic Software Authograph in Cooperative Learning Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 51–71.

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Penelitian, 9(2), 367–388.

Mustika, E. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis ICT untuk Meningkatkan ICT Literacy Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, I(2), 30–40.

Muttakin, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang Multikonsep pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 54–65.

Paradesa, R., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2013). Bahan ajar Kalkulus 2 Menggunakan Macromedia Flash dan Maple di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 95–109.

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Puspa, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berkarakter Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. In Seminar nasional kimia (p. 1). Surabaya: Jurusan kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.

Risdianto, H., Karnasih, I., & Siregar, H. (2013). The Diffrence of Enhancement Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficiency SMA with MA Students IPS Program Through Guided Inquiry Learning Model Assisted Authograph Software In Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 6(1), 89–108.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.

Tarmizi, R. A., Ayub, A. F. M., Bakar, K. A., & Yunus, A. S. M. (2008). Learning Mathermatics Through Utilization of Technology: Use of Authograph Technology vs Handheld Graphing Calculator. In Edu’08: Proceedings of the 7th Wseas International Conference on Education and Educational Technology (Vol. 2, pp. 71–76). Venice: International Conference On Education and Educational Technology.
Published
2019-08-01
How to Cite
WAHYUNI, Arie; KURNIAWAN, Prihadi. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis ICT pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 237-249, aug. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/769>. Date accessed: 06 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.769.