Peningkatan Literasi Melalui Kegiatan Kampus Mengajar 7 di SDN Bojonglor Kabupaten Pekalongan

  • Toni Setiawan Universitas Ivet
  • Nanda Akmala Fauzi Universitas Negeri Semarang
  • Riska Amelinda Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningrum Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Kampus Mengajar angkatan 7 (KM7) merupakan salah satu kegiatan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program Kampus Mengajar ialah penekanan penguatan kompetensi pada aspek literasi. Penilaian literasi ini dilaksanakan pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 7 ini, tahapan pelaksanaan program terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pra penugasan; saat penugasan; pasca penugasan (pelaporan). Pada tahap penugasan inilah peserta program KM7 melaksanakan program-program kegiatannya untuk meningkatkan literasi pada siswa. Hasil dari program Kampus Mengajar angkatan 7 di SDN Bojonglor Kabupaten Pekalongan ialah Kampus Mengajar secara signifikan mampu meningkatkan literasi siswa sebesar 15% (hasil pre-test literasi 72% meningkat menjadi 87% pada post-test).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kemdikbukrisetek, Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024.
[2] T. Bambang, Model Pembelajaran Lterasi Untuk Pembaca Awal. Jakarta, 2019.
[3] S. Dewayani et al., Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta, 2021.
[4] S. Sudianto, Y. F. Jamahsyari, A. F. Hendayana, I. Fauziah, and Y. U. Pebrianti, “Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5,” SANISKALA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2023, doi: 10.31949/jsk.v1i1.6226.
[5] F. Hakim, Fitriani, Elisabeth Intan Lumme, Rasnida, Nur Aisyah S, and Pipin Lestari, “Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Di SMPN 8 Satap Majene Melalui Program Kampus Mengajar,” J. Interaktif War. Pengabdi. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 47–54, 2023, doi: 10.29303/interaktif.v3i1.85.
[6] A. Rahayu, W. Wiranto, and M. Marwah, “Program Kapus Mengajar Angkatan 2 Untuk Meningkatkan Pembelajaran Peserta Didik Di Sd Negeri 024 Tapparang,” SIPISSANGNGI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.35329/sipissangngi.v2i2.2959.
[7] A. A. Annisa et al., “Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan,” Suluh Abdi, vol. 4, no. 1, p. 55, 2022, doi: 10.32502/sa.v4i1.4585.
Published
2024-07-15
How to Cite
SETIAWAN, Toni et al. Peningkatan Literasi Melalui Kegiatan Kampus Mengajar 7 di SDN Bojonglor Kabupaten Pekalongan. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 262-273, july 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/3384>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i2.3384.
Section
Articles