Penguatan Kemampuan Numerasi Anak Melalui Pemanfaatan Media Manipulatif di SDN Bojonglor Pekalongan
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program flagship MBKM yang diselenggarakan secara nasional oleh Kemendikbudristek. Pemanfaatan media manipulatif numerasi untuk meningkatkan kemampuan numerasi ini dilaksanakan pada saat pelaksanaan program Kampus Mengajar 7 di SDN Bojonglor Kabupaten Pekalongan, adapun untuk penilaian dilaksanakan saat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Media manipulatif yang digunakan antara lain: 1) Papan Perkalian Numerasi, 2) Media Perbandingan Numerasi, dan 3) Jam Numerasi. Hasil dari program Kampus Mengajar angkatan 7 di SDN Bojonglor Kabupaten Pekalongan ialah media-media numerasi yang dikembangkan dan digunakan pada Kampus Mengajar secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa sebesar 28% (hasil pre-test numerasi 54% meningkat menjadi 82% pada post-test).
Downloads
References
[2] S. Dewayani et al., Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta, 2021.
[3] U. Farihah, Media Pembelajaran Matematika Manipulatif, vol. 1, no. May. 2013.
[4] T. Himayah, A. Istiana, and W. N. Jannah, “Pemanfaatan Alat Peraga Jarum Jam Mata Pelajaran Matematika di Kelas 2 SDN 2 Kenanga,” pp. 99–102, 2020.
[5] W. S. Ramadhan et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Kemampuan Numerasi di SDS Dharma Bhakti,” pp. 45–54, 2023.
[6] T. D. Meo et al., “Penerapan Media Jam Untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Mabhambawa (Studi Kolaboratif Gerakan Numerasi Sekolah),” vol. 5, no. 1, pp. 357–364, 2024.
[7] G. Bopo, E. T. Ngura, and Y. M. Fono, “Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun,” vol. 10, pp. 468–480, 2023.
[8] Adhisa Nur Aini and Astri Widyaruli Anggraeni, “Implemetasi Model Pembelajaran Kolaboratif Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Di SMPN 5 Tanggul,” J. Masy. Mengabdi Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 09–21, 2024, doi: 10.58374/jmmn.v3i1.236.
[9] R. N. Rosiana, S. I. Lestari, and W. N. Jannah, “Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN 2 Kenanga Kelas 5,” pp. 76–79, 2014.