Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sutrisno Sutrisno Universitas PGRI Semarang
  • Fiki Hidayah Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI berbantuan LKS, model pembelajaran REACT berbantuan LKS, atau model pembelajaran konvensional, (2) apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan model pembelajaran REACT berbantuan LKS mencapai ketuntasan klasikal dan individual, dan (3) apakah terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa pada model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan model pembelajaran REACT berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Subah kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan model pembelajaran REACT berbantuan LKS menghasilkan kemampuan komunikasi matematis yang sama, dan kedua model pembelajaran tersebut menghasilkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan model pembelajaran REACT berbantuan LKS mencapai ketuntasan klasikal dan individual, dan (3) terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa pada model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan model pembelajaran REACT berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran SAVI dan REACT berbantuan LKS dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.


Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, LKS, REACT, SAVI.


 


ABSTRACT


This study aims to determine: (1) which mathematical communication skills are better between students who obtain SAVI learning models assisted by LKS, REACT learning models assisted by LKS, or conventional learning models, (2) whether mathematical communication skills of students who get SAVI learning models assisted by LKS and REACT learning models assisted by LKS to achieve classical and individual completeness, and (3) whether there is an influence of student learning activeness on SAVI learning models assisted by LKS and REACT learning models assisted by LKS on students' mathematical communication skills. This type of research is quantitative research with a posttest only control design. The population in this study were students of SMP Negeri 1 Subah class VIII in the academic year 2018/2019. Samples taken using cluster random sampling. Data collection techniques used are tests and observations. The data analysis technique used is the analysis of one-way cell variance is not the same. The results showed that: (1) SAVI learning models assisted by LKS and REACT learning models assisted by LKS produced the same mathematical communication skills, and both learning models produced students' mathematical communication skills better than conventional learning models, (2) ability Mathematical communication of students who obtain SAVI learning models assisted by LKS and REACT learning models assisted by LKS reaches classical and individual completeness, and (3) there is an effect of student learning activeness on SAVI learning models assisted by LKS and REACT learning models assisted by LKS on students' mathematical communication skills. SAVI and REACT learning models assisted by LKS can be used by teachers to improve students' mathematical communication skills.


Keywords: Mathematical Communication Ability, LKS, REACT, SAVI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N. (2011, December 3). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. 377–387. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually: Research, Rational, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievment in Mathematics Science. Waco, Texas, USA: CORD CCI Publishing, Inc.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Meier, D. (2000). The Accelerated Learning Handbook: A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. McGraw Hill Professional.

Nayazik, A., & Wahyuni, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Model Ideal Problem Solving dalam Aspek Grammatical dan Sosiolinguistik. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 107–114. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.8461

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4), 1–10.

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151–161.

Sepeng, P., & Madzorera, A. (2014). Sources of Difficulty in Comprehending and Solving Mathematical Word Problems. International Journal of Educational Sciences, 6(2), 217–225.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutrisno, S., Mardiyana, M., & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS Dengan Pendekatan Savi Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(7).

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9.

Windari, F. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Published
2019-07-23
How to Cite
KUSUMANINGSIH, Widya; SUTRISNO, Sutrisno; HIDAYAH, Fiki. Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 197-206, july 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/763>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763.