Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Sutrisno Sutrisno Universitas PGRI Semarang
  • Nita Zuliyawati Universitas PGRI Semarang
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan analisis variansi, regresi, dan uji proporsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapat model PBL berbantuan geogebra memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sama dengan siswa yang mendapat model TPS berbantuan geogebra, dan kedua model pembelajaran tersebut menghasilkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pada model PBL dan TPS berbantuan geogebra, terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Model PBL dan TPS berbantuan geogebra juga menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang memenuhi ketuntasan klasikal.


Kata kunci: Problem Based Learning, Think Pair Share, kemampuan pemecahan masalah matematis.


 


ABSTRACT


This research is motivated by the importance of students' mathematical problem solving abilities. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Problem Based Learning model and the Cooperative Learning model Think Pair Share type assisted by geogebra. The type of research used is experimental research. Data collection methods consist of documentation, testing, and observation. Data analysis in this study used analysis of variance, regression, and proportion test. The results of this study indicate that students who get geogebra-assisted PBL models have the same mathematical problem solving abilities as students who get geogebra-assisted TPS models, and both of these learning models produce students' mathematical problem-solving abilities better than conventional learning models. The results also showed that in the PBL and TPS models assisted by geogebra, there was an influence on students' learning activeness with their mathematical problem solving abilities. The geogebra-assisted PBL and TPS models also produce problem-solving abilities that meet classical completeness.


Keywords: Problem Based Learning, Think Pair Share, mathematical problem solving abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Darojatil u’la, I., Murtono, M., & Ulya, H. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58.

Delyana, H., F, R., & M.P, Y. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Sumatera Barat.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153.

Hafiza, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa SMP/MTsN (PhD Thesis). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud.

Malasari, E. Y. U., Rasiman, R., & Sutrisno, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Scramble terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 169–176.

Mubaid, A., Sutrisno, S., & Endahwuri, D. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI Smk Antonius Semarang. Senatik, 400–407.

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136–139.


Muhlisin, M., Asikin, M., & Kartono, K. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model TPS Berbantuan Geometer’s Scetchpad Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).

Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Rahayu, S. (2014). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 12(2), 151–156.

Sari, D. N. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1). Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5544

Siregar, N. H., & Syafari. (2017, Mei 6). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran PBL DAN TPS. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, Medan. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/26922/

Sujana, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 43–52.

Suprijono, A. (2016). Model-model pembelajaran emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas VIID SMP Negeri 3 Gamping Sleman. Universitas PGRI Yogyakarta.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.
Published
2020-01-16
How to Cite
SUTRISNO, Sutrisno; ZULIYAWATI, Nita; SETYAWATI, Rina Dwi. Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-9, jan. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/930>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.930.