Analisis Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

  • Kasidi Kasidi Universitas IVET
  • Marhaeni Dwi Satyarini Universitas IVET
  • Sri Widayati Universitas IVET

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya wabah penyakit korona (covid-19) yang telah menjadi pandemik di seluruh dunia. Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut, maka diberlakukan aturan untuk  segala pekerjaan harus dilakukan dari rumah termasuk proses pembelajaran untuk seluruh jenjangTujuan penelitian ini adalah menemukan model-model pembelajaran daring yang dapat diterapkan selama masa pandemik covid-19. Responden  dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Studi PPKn, dan Program Studi Bimbingan Konseling dengan jumlah mahasiswa 59 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan questionner menggunakan aplikasi WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran daring yang dapat digunakan dalam masa pandemik covid-19 diantaranya: aplikasi WhatsApp, e-mail, aplikasi laman dosen, aplikasi eLiv.ivet, aplikasi zoom meeting, aplikasi google classroom, aplikasi video call; (2) dari sisi prestasi akademik yang dicapai oleh para mahasiswa model pembelajaran daring cukup efektif, namun ditinjau dari segi biaya menjadi tidak efisien bagi mahasiswa, sementara itu efisien dicapai oleh mahasiswa ditinjau dari segi ruang dan waktu; (3) mahasiswa tidak mendapatkan pelayanan pembelajaran sebagaimana mestinya; (4) seratus persen responden dalam penelitian ini lebih senang dengan model pembelajaran tatap muka langsung.


Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19


Abstract


 The title of this research is: Analysis of Online Learning Models during the Covid-19 Pandemic. The background for choosing this title is the learning process that originally could be carried out with a face-to-face model and is usually carried out in classrooms / laboratories with great force having to switch to online learning due to the outbreak of the corona disease (covid-19) which has become a pandemic all around the world. To prevent the spread of the disease, almost all countries in the world have imposed a rule that all work must be done from each foreigner's home, including the learning process from kindergarten to tertiary education. The objectives of this study to find a variety of online learning models that can be applied during the Covid-19 pandemics. Respondents in this study were students of the Economic Education Study Program, Civic Education, and Counseling Guidance Study Program with a total of 59 students. Data collection was carried out by sending questionnaires to respondents using the WhatsApp application. The results showed that: (1) online learning models that can be used during the Covid-19 pandemic include: the WhatsApp application, e-mail, the lecturer dashboard, the eLiv.ivet application, the zoom meeting application, the google classroom application, the video call application; (2) in terms of academic achievement achieved by students, the online learning model is quite effective, however in terms of cost it becomes inefficient for students, while it is efficient for students in terms of space and time; (3) students do not get learning services as they should; (4) one hundred percent of respondents in this study prefer face-to-face learning model.


Keywords: Analysis, Online Learning, Covid-19 Pandemic Period

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Merry, 2013, Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 15 Juni 2013, 8-12

Chandraleka H, 2020, Belajar Giat ID, https://Belajar Giat.id/email diakses tanggal 17 Juli 2020

Damayanti Tri, Setiani MY, Oetojo B, (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Vol.8, No.2, September 2007, 99-113.

Darmawan Deni, 2016, Pengembangan E-Learning Teori dan Desain, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Empy Effendi, Hartono Zuang, 2005. E-Learning System for Agricultural Education, Indian Research Journal of Extension Aducation, 12 (3), pp. 132-135

Garrison R, & Anderson T. (2000), Transforming and enhancing university teaching: Stronger and weaker technological influences. In T Evans & D. Nation (Eds). Changing university teaching: Reflections on creating educational technologies (pp.24-33), London: Kogan Page

Hakin, AB, 2016, Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management (e-Journal), 2(1).

Haryono, A & Alatas, A, 2002, Virtual Learning/virtual classroom sebagai salah satu model pendidikan jarak jauh: Konsep dan Penerapannya. Paper seminar nasional teknologi pembelajaran 18-19 Juli 2002, Jakarta: Indonesia

Permana Pepen, E-Learning, Sistem Manajemen Pembelajaran Online (di download taggal 13 Mei 2020)

Sembel,Roy, 2004, Yang Perlu Anda Tahu Tentang E-Learning, http://www.sinarharapan.co.id

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alpabeta
Surjono, Herman. (2009). Pengantar E-Learning dan Penyiapan Materi Pebelajaran (online),http://blog.uny.ac.id, diakses 20 Mei 2020.

Winarso B, 2015, Apa itu WhatsApp Sejarah dan Fitur-Fitur Unggulannya, https://dailysocial.id/apa itu whatsapp, diakses 17 Juli 2020

Trisnani, 2017. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat, Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika Vol.6 Nomor 3 Nopember 2017

Yazdi Mohammad, 2012, E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek Vol.2, No.1, Maret 2012

Zaki A, 2020, Belajar Giat ID, https://Belajar Giat.id/email diakses tanggal 17 Juli 2020
Published
2020-12-26
How to Cite
KASIDI, Kasidi; SATYARINI, Marhaeni Dwi; WIDAYATI, Sri. Analisis Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 56-65, dec. 2020. ISSN 2721-835X. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/1398>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1398.