Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Sultan Trenggono Gunungpati Semarang
Abstract
Beberapa tahun terakhir ini, peserta didik yang mendaftar dan diterima di sekolah swasta jumlahnya semakin menurun. Menghadapi permasalahan tersebut, sekolah-sekolah swasta melakukan berbagai strategi untuk menarik calon peserta didik baru agar mendaftar di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen PPDB SMK Sutan Trenggono, dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil evaluasinya. Sumber data penelitian: Kepala Sekolah, Ketua dan Sekretaris Panitia PPDB, guru dan peserta didik baru. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dan analisis data dengan teknik deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan PPDB: pembentukan panitia, menetapkan kebijakan PPDB, daya tampung, promosi dan sekolah sasaran promosi, mekanisme pendaftaran dan daftar ulang. 2) Pelaksanaan PPDB baik promosi, informasi dan pendaftaran dilaksanakan secara online dan offline, 3). Hasil evaluasi menunjukkan: jumlah peserta didik yang mendaftar dan diterima hanya 30 peserta didik atau 50% dari target yang ditetapkan, promosi online belum banyak diakses oleh calon peserta didik baru, dan promosi offline memerlukan waktu tertentu dan membutuhkan banyak dana untuk pengadaan alat-alat promosi untuk menjangkau sasaran yang lebih luas.
Kata Kunci : manajemen, penerimaan peserta didik baru.
Downloads
References
Herdiyansah, Haris, 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Imron, Ali, 2012. Manajemen Penerimaan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristiawan. M, Dina Safitri dan Rena Lestari, 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Moleong, Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustari. M dan M. Taufik Rahman, 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafika Persada.
Nursinah, 2019. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Negeri Antasari Banjarmasin.
Prihatin, Eka, 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i. M, 2018. Manajemen Peserta Didik. Medan: CV. Widya Puspita.
Rosalinda. N. Tri, 2019. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Bersasis Online dan Offline Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Teori dan Praktek Kependidikan, Volume 4, Nomor 2, 100.
Sagala, Saiful, 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Setyo. R. Adi, 2015. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Model Bojonegoro. Jurnal Mahasiswa UNESA, Volume 01, Nomor 01, 10.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubruto. B, 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwardi dan Daryanto, 2017. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Alih Bahasa: G. A Ticoalu Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Kejuruan Negeri di Provinsi Jawa Tengah