Peningkatan Penjualan Tiket Masuk Melalui Bauran Promosi di Sanggaluri Park Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Nadia Zahra Setyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Lili Marliyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Marhaeni Dwi Satyarini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Pada masa Pandemi Covid-19 kondisi perekonomian negara mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada berbagai sektor termasuk industri wisata seperti Sanggaluri Park di Purbalingga. Peningkatan penjualan tiket masuk di Sanggaluri Park melalui optimalisasi bauran promosi selama Pandemi Covid-19 menggunakan media offline berupa menjalin silaturahmi dengan mitra, spanduk, baliho, dan brosur. Sedangkan media online dengan memanfaatkan media WhatsApp, Instagram, Facebook, Website dan Traveloka. Pada pelaksanaan peningkatan penjualan tiket melalui optimalisasi bauran promosi masih kurang maksimal karena dalam pelaksanaannya Sanggaluri Park harus mematuhi aturan pemerintah mengenai perizinan tempat wisata dapat beroperasi selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penjualan tiket masuk melalui optimalisasi bauran promosi pada masa Pandemi Covid-19, jenis bauran promosi, kendala yang dihadapi, dan upaya untuk mengatasi kendala pada saat melakukan bauran promosi di Sanggaluri Park. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan penjualan tiket masuk melalui optimalisasi bauran promosi pada masa Pandemi Covid-19 masih kurang maksimal. (2) Jenis bauran promosi yang digunkaan menggunakan bauran promosi personal selling, periklanan, publisitas, promosi penjualan, dan direct marketing. (3) Kendala yang dihadapi berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. (4) Upaya untuk mengatasi kendala dengan optimalisasi bauran promosi dengan media offline maupun online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbainah, A. 2020. Analisis Bauran Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah
Pengunjung Pada Wisma Intan Syariah Kota Martapura. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Farida, dkk, 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Firmandika, Gilang. 2019. Analisis Penerapan Bauran Promosi dalam Upaya Peningkatan Volume
Pengunjung The Park Mall.

Griffin, dkk, 2014. Organizational Behavior: Managing People and Organization. Eleventh Edition. USA: South Western.

Harjadi, Didik; Fatmasari, Dewi. 2015. Pengantar Bisnis Teori dan Konsep. Kuningan: UNIKU Press.

Kridasusila, Andy. 2007. Manajemen Pemasaran. Semarang: Semarang University Press.

Komariyah, I., dan Sunandar, D. M, 2019. Implementasi Bauran Pemasaran
Kepariwisataan Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 1(2), 38-46.
Lamb, dkk, 2001. Pemasaran. Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

-------------, 2001. Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Manurung, M. E. R, 2015. Strategi Bauran Pemasaran PT. Taman Wisata Candi
Borobudur Prambanan Dan Ratu Boko Untuk Mempromosikan Candi Borobudur, Prambanan Dan Ratu Boko Sebagai Warisan Budaya Dunia. (Doctoral dissertation, UPN" VETERAN" YOGYAKARTA).
Morissan, 2019. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurhadi, I, 2017. Strategi Promotion Mix Kizaru Animanga Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas
Sultan Ageng Tirtayasa).

Purwanto, Eko. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolution Industri 4.0. Purwokerto: Sasanti Institute.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Slamet, A, 2021. Optimalisasi Bauran Promosi Guna Meningkatkan Penjualan Tiket Masuk Perusahaan Daerah Owabing Purbalingga Di Masa Pandemik Covid-19 (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO).

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

----------------, Dharmesta dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tim Penulis, 2010. Sanggaluri Park. Kutasari: Purbalingga.

Universitas Ivet Semarang. 2021. Buku Pedoman Skripsi 2021. Universitas Ivet: Semarang.

Yusnita, E. (2021). Strategi Promosi Wisata Dalam Meningkatkan Jumlah
Kunjungan Wisatawan di Museum Tani Jawa Indonesia Kabupaten Bantul DIY (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).

Zhang,D.; Hu, M; & Ji, Q.(2020). Financial markets under the global pandemic of COVID-19.
Finance Research Letters, 2020 –Elsevier.
Published
2022-06-30
How to Cite
SETYANI, Nadia Zahra; MARLIYAH, Lili; SATYARINI, Marhaeni Dwi. Peningkatan Penjualan Tiket Masuk Melalui Bauran Promosi di Sanggaluri Park Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-10, june 2022. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2203>. Date accessed: 05 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v3i1.2203.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)