Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa SMK Palapa Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dan hambatannya di SMK Palapa Semarang. Informan yang menjadi sumber data utama adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling, Wali Kelas, Guru dan 3 siswa. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dan data terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Perancanaan program pendidikan karakter disusun Kepala Sekolah bersama para guru dan Waka Kesiswaan menjadi team leader pelaksanaan pendidikan karakter, dibantu oleh guru BK, wali kelas, para guru dan pembina ekstra kurikuler. 2). Pelaksanaan pendidikan karakter terintregrasi pada seluruh mata pelajaran dan berbagai kegiatan ekstra kurikuler, keteladanan para guru dan tenaga kependidikan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengkondisian suasana sekolah serta kerjasama dengan orang tua siswa. 3). Hambatan pelaksanaan pendidikan karakter antara lain, perbedaan karakter siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan bermain di luar sekolah, pembiasaan karakter di sekolah, tidak dilaksanakan di rumah saat libur sekolah. Selama pembelajaran daring, pendidikan karakter dilaksanakan dalam bentuk pemberian motivasi dan nasehat secara virtual melalui media WhatsApp, nilai karakter yang dapat dimonitor oleh guru, utamanya adalah : tanggung jawab dan kedisiplinan melalui pengiriman tugas-tugas siswa secara online.
Kata Kunci: pendidikan karakter, pembiasaan, nilai karakter
Downloads
References
Agus Wibowo, 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Karakter Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto, Suryati dan Darmiatun. 2013, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Darma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter, Kajian teori dan praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
Gunawan, Heri, 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Hamdani Hamid, Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perpektif Islam. Bandung : Pustaka Setia.
Herdiyansah, Haris, 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.
Julaiha, Siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Dinamika Ilmu, Vol 14, Nomor 2, 2014. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/15
Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.
Maulana, Moh. Amin (2016), Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMK Negeri 1 Wonosari. OPAC Journal, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, https://eprints.uny.ac.id/32260/
Naim, Ngainun. 2012. Character Building. Yogyakarta: AaRuz Media.
Puspitasari. Euis, 2012. Pendekatan Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Sosial (Eduekos), Vol III, Nomor 2, 2014. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/355/312
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Sudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter ? , Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 1, Nomor. 1, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003
Wahyuningtyas Agustin, Udik Budi Wibowo, 2017, Manajemen Pendidikan Karakter Pada SMP Full Day School di Kota Yogyakarta, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 5 No. 2.
Wina Sanjaya, 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.