Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang
Abstract
E-Commerce memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi konsumen yaitu dengan banyaknya promo, metode pembayaran yang memudahkan konsumen, gratis ongkir, diskon, harga barang yang lebih murah dan lain sebagainya. Dengan adanya penawaran-penawaran yang dapat menarik konsumen akan menjadikan masyarakat khsusnya mahasiswa lebih bersikap konsumtif. Mahasiswa sering melakukan berbelanja melalui e-commerce terus menerus, sehingga melakukan pembelian secara berlebihan serta sulit mengatur keuangannya dengan baik. Perilaku konsumtif ditandai dengan pembelian impulsive atau pembelian barang yang semata-mata hanya didasari oleh hasrat yang tiba-tiba atau keinginan sesaat tanpa melalui pertimbangan dan perencanaan serta keputusan dilakukan di tempat pembelian dan tidak mengetahui manfaat seta kegunaannya dan melakukan pemborosan. Tingkat penggunaan e-commerce Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 20,7 % masuk dalam kategori tinggi. 60,8% masuk dalam kategori sedang dan 18,5% masuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata tingkat capaian responden variabel X (penggunaan e-commerce) sebesar 73 %. Tingkat penggunaan e-commerce mahasiswa pendidikan ekonomi sebessar 73 % masuk dalam kategori tinggi. Tingkat perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 18,5 % masuk dalam kategori tinggi. 67,4 % masuk dalam kategori sedang dan 14,1 % masuk dalam kategori rendah. Dengan nilai rata-rata TCR sebesar sebesar 50,7 %. Tingkat perilaku konsumtif sebesar 50,7 % masuk dalam kategori sedang. Pengaruh penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 26,2 %. Sedangkan sisanya 73,8 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup, harga diri, trend, ingin mendapat pengakuan dan lain-lain.
Downloads
References
Faizah, A. 2020. Pengaruh Kemudahan E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya. Skripsi.
Berkatulloh,dkk. 2005. Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan dan Hukum Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hayati, Ainul. 2021. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi.
Kurnia, Tesa.2020. Dampak Terpaan E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Suska Riau. Skripsi.
Mufarizzaturrizkyah, dkk 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. Vol.4. No.2. hlm 226–235.
Riswandi, Dedi. 2019. Transaksi OnLine (E-Commerce) : Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica. Vol.1 No.1
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung
Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta