Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang

  • Mila Anggraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Kasidi Kasidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Widayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

E-Commerce memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi konsumen yaitu dengan banyaknya promo, metode pembayaran yang memudahkan konsumen, gratis ongkir, diskon, harga barang yang lebih murah dan lain sebagainya. Dengan adanya penawaran-penawaran yang dapat menarik konsumen akan menjadikan masyarakat khsusnya mahasiswa lebih bersikap konsumtif. Mahasiswa sering melakukan berbelanja melalui e-commerce terus menerus, sehingga melakukan pembelian secara berlebihan serta sulit mengatur keuangannya dengan baik. Perilaku konsumtif ditandai dengan pembelian impulsive atau pembelian barang yang semata-mata hanya didasari oleh hasrat yang tiba-tiba atau keinginan sesaat tanpa melalui pertimbangan dan perencanaan serta keputusan dilakukan di tempat pembelian dan tidak mengetahui manfaat seta kegunaannya dan melakukan pemborosan. Tingkat penggunaan e-commerce Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 20,7 % masuk dalam kategori tinggi. 60,8% masuk dalam kategori sedang dan 18,5% masuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata tingkat capaian responden variabel X (penggunaan e-commerce) sebesar 73 %. Tingkat penggunaan e-commerce mahasiswa pendidikan ekonomi sebessar 73 % masuk dalam kategori tinggi. Tingkat perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 18,5 % masuk dalam kategori tinggi. 67,4 % masuk dalam kategori sedang dan 14,1 % masuk dalam kategori rendah. Dengan nilai rata-rata TCR sebesar sebesar 50,7 %.  Tingkat perilaku konsumtif sebesar 50,7 % masuk dalam kategori sedang. Pengaruh penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 26,2 %. Sedangkan sisanya 73,8 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup, harga diri, trend, ingin mendapat pengakuan dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Eni Nur. 2019. Pengaruh Onlineshop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Skripsi

Faizah, A. 2020. Pengaruh Kemudahan E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya. Skripsi.

Berkatulloh,dkk. 2005. Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan dan Hukum Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, Ainul. 2021. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi.

Kurnia, Tesa.2020. Dampak Terpaan E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Suska Riau. Skripsi.

Mufarizzaturrizkyah, dkk 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. Vol.4. No.2. hlm 226–235.

Riswandi, Dedi. 2019. Transaksi OnLine (E-Commerce) : Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica. Vol.1 No.1

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung
Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta
Published
2022-12-15
How to Cite
ANGGRAENI, Mila; KASIDI, Kasidi; WIDAYATI, Sri. Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 43 - 50, dec. 2022. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2390>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v3i2.2390.

Most read articles by the same author(s)