Pengaruh Pola Pembelajaran Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 Universitas Ivet Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Pembelajaran Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 Universitas IVET Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang diteliti sebanyak 44 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pola pembelajaran kewirausahaan termasuk kedalam kategori sedang dilihat dari hasil perhitungan rata-rata kelima indikator angket sebesar 80,8%, (2) Penggunaan Media Sosial termasuk kedalam kategori tinggi dilihat dari hasil perhitungan rata-rata kelima indikator angket sebesar 85%, (3) Minat Berwirausaha termasuk kedalam kategori sedang dilihat dari hasil perhitungan rata-rata kelima indikator angket sebesar 81,4%. (4) Pengaruh pola pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha diperoleh nilai F hitung (13,224) > Ftabel (2,43) dan tingkat signifikansinya (0,000) < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa antara pola pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. (5) Koefisien determinasi antara pola pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha sebesar 36,2% sedangkan sisanya 63,8% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang diteliti dalam penelitian lain.
Downloads
References
wiatma, H. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Sosial Media Terhadap Minat Brwirausaha Mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2013. Skripsi, 7–37.
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK NEGERI 7 JEMBER ( STUDI KASUS PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2019 / 2020 ). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial., 14, 357–360. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522
Sari, S., Studi, P., Akuntansi, P., Dan, K., Pendidikan, I., & Rinjani, U. G. (2021). Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fkip-Ugr Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fkip-Ugr.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vernanda, R., & Rokhmani, L. (2021). Pengaruh motivasi berwirausaha , pembelajaran kewirausahaan , dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. 1(9), 871–888. https://doi.org/10.17977/um066v1i92021p871-888