Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak

  • Fathimatuz Zahro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Kasidi Kasidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Widayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kenyataan masih rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajar etika profesi kompetensi sektor industri jasa keuangan kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak. Hal ini ditunjukan dengan prestasi belajar siswa yang dibawah KKM. Model Discovery Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery learning dalam mengingkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Etika Profesi di kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak. Jenispenelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, diskusi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak dalam mata pelajaran Etika Profesi kompetensi sektor industri jasa keuangan dari sebelum tindakan, siklus I, Siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 27,78%, pada siklus I diketahui 17 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 47,22%, pada siklus II diketahui 29 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 87,87%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak dalam mata pelajaran etika profesi.


Kata Kunci : Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dan Penerapan Model Discovery Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Ansari. 2014. Manajemen Pendidikan, Tenaga Pendidik, Dan Kependidikan Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Vo.9 No.1

Aedi, Nur. 2014. Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Akinbobola,A O.,& Afolabi,F. (2010). Constructivist practices trough guided discovery approach: The effect on student’s cognitive achieve ment in nigerian senior secondary school physics, Eurasia journal of physics and chemistry education. 2(1): 16-25

Ardan, Komang dkk. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budingingsih,Asri 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Renika Cipta

Darmadi, Hamid. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Darnadi.2017.Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta : CV Budi Utama

Haryono. (2015). Bimbingan Teknis Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifikdan Kontekstual dalam Pembelajaran abad21. Bogor:Ghilia Indonesia

Ilahi, Mohamad Takdir. 2012 Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Iskandar, Dadang. Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media

Kunandar, (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sbagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyati,Budi,Itmi dan Arfiyani siti.2018.Model Pembelajran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akuntansi.Pendidikan,14(1),3-4

Pramono,Doni Setiawan.(2018). Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Perawatan Kelistrikan Kendaraan Ringan 3 di SMKN 2 Yogyakarta, 183.32-36

Rahmawati, Lina.2017. Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah Klaten. Publis Ilmiah, 13(2),7.

Rusman. 2017. Mengembangkan Profesionalisme guru. Bandung: CV. Alfabeta

Sudjana, Nana. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sutirman, (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tanujaya, Uus. Sri Hendrawati. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar, Mengajar, dan Meneliti. Yogjakarta: Media Akademi.
Published
2022-06-30
How to Cite
ZAHRO, Fathimatuz; KASIDI, Kasidi; WIDAYATI, Sri. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X AKL SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 21-26, june 2022. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2145>. Date accessed: 11 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v3i1.2145.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)