Pengaruh Media Pembelajaran melalui Aplikasi WhatsApp dan Google Classroom terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA PGRI 3 Tayu
Abstract
Penelitian ini dilakukan didasarkan pada capaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) nilai rapot oleh siswa- siswi kelas XI IPS SMA PGRI 3 Tayu. Sejumlah 50 siswa dijadikan sampel yakni terdiri dari IPS 1 sejumlah 26 siswa dan IPS 2 sejumlah 24 siswa. Mata pelajaran ekonomi dengan prestasi belajar masih di ambang batas nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media Aplikasi WhatsApp tehadap prestasi belajar mapel ekonomi, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media Aplikasi Google Classroom terhadap prestasi belajar mapel ekonomi, (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom terhadap prestasi belajar mapel eonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan rumus regresi linier berganda. Pembahasan hasil penelitian dengan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Tidak ada pengaruh positif media pembelajaran aplikasi WhatsApp terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 3 Tayu secara signifikan (2) Ada pengaruh media google classroom terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tayu (3) Ada pengaruh media pembelajaran WhatsApp dan Google Classroom secara bersamasama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tayu. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, WhatsApp, Google Classroom, Prestasi Belajar.
Downloads
References
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Laquey, Trancy. 1997. Sahabat Internet: Pedoman Bagi Pemula Untuk Memasuki Jaringan Global.
Bandung: ITB
Littlejohn, Stephen W. 2009. Teori komunikasi, Jakarta: Penerbit Salemba Humanika Mulyana, Deddy.
2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, lexy J. 2014. Metodologi Penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mondry, 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia. Morrisan, 2010.
Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Bandung: Alfabeta.
Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo persada.
Salim, Agus. 2011. Sketsa Teori dan Metodelogi Kasus di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Journal of Economic Education and Entrepreneurship 4 (1) (2023)
6
Sanjaya, Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan.ss Jakarta:
Kencana.
Severin, Werner J, & James W. Tankard, Jr. 2011. Teori Komunikasi: Sejarah Metode, & Terapan di
Dalam Media Massa,Jakarta: Kencana.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka, Kotler, P., dan
Armstrong, G 2004.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 1995. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada