Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Kewirausahaan Era Digital Di SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang

  • Risna Savira Universitas Ivet
  • Sri Widayati Universitas Ivet
  • Lili Marliyah Universitas Ivet

Abstract

Tujuan belajar siswa diantaranya adalah mencapai perkembangan yang optimal, baik secara aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Agar pelaksanaan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien maka diperlukan perencanaan yang tersusun secara sistematis. SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang adalah salah satu sekolah negeri yang memberikan materi kewirausahaan bagi peserta didik.. Namun pada kenyataanya, di SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang pada pelaksanaan pembelajaran belum mampu secara maksimal memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan atau melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran kewirausahaan. Berdasarkan uraian di atas tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut berkaitan dengan “Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Kewirausahaan Era Digital di SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang”. Pendekatan deskriptif kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitiani ini menggunakan penelitian survei dimana penulis langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai sumber data. Hasil penelitian menujukkan adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa, sehingga materi yang disampaikan tetap dapat diterima iswa dengan baik, meskipun terkendala berbagai permasalahan era pandemi khususnya pembelajaran daring. Dengan begitu, pembelajaran kewirausahaan di SMAN 1 Ulujami denagn metoe daring pada era pandemi dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran, Kewirausahaan, Era Digital, Pemalang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal
Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Hamzah, B Uno dan Nurdin Muhammad. 2013. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Jamilah, J. (2020). Guru Profesional Di Era New Normal: Review Peluang Dan Tantangan Dalam Pembelajaran
Daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2).
Lexy J. Moleong. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif edisi revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peimani, N., & Kamalipour, H. (2021). Online Education And The Covid-19 Outbreak: A Case Study Of Online
Teaching During Lockdown. Education Sciences, 11(2), 1–16.
Https://Doi.Org/Doi:10.3390/Educsci11020072
Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan
Wijatno, S. 2009. Pengantar Enterpreneurship. Grasindo: Jakarta
Published
2023-06-30
How to Cite
SAVIRA, Risna; WIDAYATI, Sri; MARLIYAH, Lili. Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Kewirausahaan Era Digital Di SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 35-41, june 2023. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2669>. Date accessed: 16 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v4i1.2669.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>