Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Antropologi di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Ivet Selama Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Pemanfaatan Google Classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah antropologi di tengah pandemi Covid-19, 2. kendala penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah antropologi di tengah pandemi Covid-19 -19 pandemi, 3. upaya mengatasi kendala pemanfaatan Google Classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah antropologi di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas IVET sejak perkuliahan semester genap dimulai bulan Maret 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Dokumentasi data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan menggunakan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen telah memanfaatkan Google Classroom sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan perkuliahan online dengan baik. Kemudian dalam pelaksanaan penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran terdapat beberapa kendala yaitu gangguan sinyal, Tidak adanya notifikasi ketika ada perkuliahan/tugas, Kurangnya interaksi. Dan penelitian ini memaparkan upaya mengatasi kendala yang terjadi dari pemanfaatan Google Classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah antropologi di tengah pandemi Covid-19.