Penguatan Guru PAUD terhadap Mitigasi Bencana dalam Mempersiapkan Tema Bencana Alam pada Peserta Didik di Kabupaten Demak

  • Khasanah Khasanah Universitas Ivet
  • Siti Nurindah Sari Universitas Ivet
  • Slamet Slamet Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Mitigasi bencana sangat penting dilakukan sedini mungkin, karena apabila terjadi bencana, peserta didik bersifat fundamental.  Pendidikan dan stimulus yang tepat pada usia dini akan menjadi modal penting bagi perkembangan anak pada nantinya. Pada usia dini ditanamkan nilai dasar mengembangkan kemampuan dasar kehidupan. Pengenalan kebencanaan untuk anak usia prasekolah yang masih duduk di taman kanak-kanan salah satunya dapat disampaikan kepada gurunya terlebih dahulu agar memiliki penguatan dalam mempersiapkan tema bencana alam di kelas agar dalam pembelajaran dengan tema benca alam terciptanya sekolah yang aman demi mewujudkan komunitas sekolah memerlukan proses berkesinambungan dan dinamis. Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah 1. mengetahui penguatan Guru Paud terhadap mitigasi bencana dalam mempersiapkan materi tema bencana alam di kecamatan Demak kabupaten Demak, 2. mengetaui peran Guru Paud terhadap mitigasi bencana dalam mempersiapkan tema bencana alam di kecamatan demak kabupaten Demak 3. mengetahui kesiap-siagaan Guru dan peserta didik dalam pembelajaran tema bencana alam di kecamatan Demak Kabupaten Demak Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah dengan dialog interaktif yang memberikan kesempatan kepada Guru-guru paud di kecamatan Demak untuk menyampaikan pendapat, tanggapan maupun pertanyaan serta seluas-luasnya. Simpulan hasil Pengabdian ini menunjukkan bahwa; 1. Kegiatan sosialisasi dalam rangka pengabdian masyarakat yang telah dilakukan berjalan lancar dan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan dan antusias Guru-guru Paud sebagai peserta sosialisasi, 2. Kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan penguatan kepada Guru Paud terhap Mitigasi bencana alama yang ada di permukaan bumi dan mampu mengajarkan kepada peserta didik dengan baik, 3. pengabdian ini dapat memahami guru paud terhadap kesiap-siagaan bencana alama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti dan Sudaryono. (2010). Peran Sekolah dalam Pembelajaran Mitigasi Bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. 1(1).

Nurjanah, Dkk. 2013. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta

Nurudin, A. (2015). “Pengaruh pelatihan penanggulangan bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta’.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2004 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Puturuhu, F. (2015). Mitigasi Bencana dan Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rizaldy, D. (2018). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Sekolah di Indonesia Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Siap-siaga. Prosiding Pit ke-5 Riset Kebencanaan IABI Universitas Andalas. 2(4).

Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriono, P. (2014). Seri Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana Gunung Meletus. Penerbit ANDI: Yogyakarta.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007. Penganggulan Bencana Alam. (2007).

Usman, Uzer M. 2002. Menjadi Guru Professional. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Published
2023-01-17
How to Cite
KHASANAH, Khasanah et al. Penguatan Guru PAUD terhadap Mitigasi Bencana dalam Mempersiapkan Tema Bencana Alam pada Peserta Didik di Kabupaten Demak. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 164-171, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2509>. Date accessed: 26 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2509.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>