Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap IHasil Belajar Siswa IPada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Takhassus Al-Qur’an Kecamatan Bonang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional, dimana guru menjadi pusat pembelajaran yang menyebabkan semangat belajar menurun yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas XI SMA Takhassus Al-Qur’an. 2) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas XI SMA Takhassus Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil pembelajaran kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa dengan menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning pada materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas XI SMA Takhassus Al-Qur’an tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling, sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI B dan XI E. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Dengan uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test posttest dari kedua kelas yaitu 0,004 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil thitung > ttabel yaitu 2,967 > 1,672 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.