Penerapan Metode Inside Outside Circle Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi pada Materi Kerjasama Bagi Siswa SMA

  • Slamet Slamet Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi pada anak melalui penerapan metode Inside Outside Circle pada materi kerjasama.  Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Google Form. Hasil pra siklus menunjukkan rendahnya keterampilan berbicara dengan percaya diri, kemampuan bertukar pikiran secara konstruktif, dan pemahaman serta penyampaian informasi bagi anak. Penerapan metode Inside Outside Circle  pada siklus I meningkatkan partisipasi aktif dan rasa percaya diri anak, meskipun masih ditemukan kendala pada pengelolaan ruang dan waktu diskusi. Perbaikan pada siklus II berupa pengaturan tata ruang kelas yang lebih efektif, pengelolaan waktu diskusi, pemberian tanda khusus untuk kelompok ahli, serta penerapan unsur gamifikasi mampu meningkatkan seluruh aspek literasi anak secara signifikan. Data evaluasi menunjukkan peningkatan pada semua indikator keberhasilan literasi, mulai dari berbicara, bertukar pikiran, membaca, memahami, menyampaikan, hingga mengeksplorasi informasi. Simpulan penelitian adalah,  metode Inside Outside Circle efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi anak, sehingga dapat dijadikan sebagai salah alternatif dalam pembelajaran kooperatif,  inovatif, dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-15
How to Cite
SLAMET, Slamet; SAYEKTI, Sri; REDJEKI, Sri. Penerapan Metode Inside Outside Circle Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi pada Materi Kerjasama Bagi Siswa SMA. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, dan Humaniora, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 16-24, july 2025. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manalisih/article/view/4080>. Date accessed: 14 aug. 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5