Edukasi Edukasi Pola Makan Seimbang dan Pemilihan Makanan Jajanan dalam Pencegahan Penyakit Infeksi di Masa Pandemi

  • Santy Sundari Universitas Ivet Semarang
  • Chairunisa Nur Rarastiti Universitas Ivet
  • Agus Sudrajat Universitas Ivet
  • Aina Firda Rahmadiyanti Universitas Ivet
  • Hesti Nurhidayati Universitas Ivet

Abstract

Keberagaman makanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masalah gizi pada remaja. Konsumsi makanan dan riwayat penyakit infeksi merupakan faktor langsung yang mempengaruhi status gizi seorang remaja. Tujuan dari kegiatan adalah memberikan pengetahuan kepada siswa terkait dengan pola makan yang seimbang dan cara pemilihan makanan jajanan yang sehat sehingga terhindar dari penyakit infeksi di masa pandemi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dengan metode ceramah, penyampaian materi dan tanya jawab. Adapun hasil pengabdian diperoleh bahwa penyuluhan yang disertai dengan diskusi dengan para siswa SMP Negeri 8 Semarang berdampak positif terhadap pemahaman dan sikap siswa dalam memilih makanan jajanan yang sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, K. Hubungan Pengetahuan Makanan dan Kesehatan dengan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan pada Anak Sekolah Dasar Pembangunan. Laboratorium Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang.
Ariani, AP. 2017. Ilmu Gizi. Yogyakarta: Nuha Medika.
Contento IR. 2007. Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice. Sudbury (MA): Jones and Bartlett Learning.
Depkes RI.2007. Kepmenkes RI No.74/MENKES/SK/VI/2007 tentang Pedoman Operasional Keluarga Sadar Gizi di Desa Siaga.
Dewi, AF., Pujiastuti N., Fajar I. 2013. Ilmu Gizi untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soetjiningsih. 2007. Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.
Published
2022-07-19
How to Cite
SUNDARI, Santy et al. Edukasi Edukasi Pola Makan Seimbang dan Pemilihan Makanan Jajanan dalam Pencegahan Penyakit Infeksi di Masa Pandemi. Manggali, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 277-283, july 2022. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2225>. Date accessed: 04 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i2.2225.
Section
Articles