Pelatihan Wawancara Kerja Kelas XII SMK Al Asror Semarang
Abstract
Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu soft skill yang harus dikuasai di era sekarang ini, tak terkecuali komunikasi dalam Bahasa Indonesia. Guru BK SMK Al Asror Semarang menyampaikan siswa-siswi di SMK ini masih minim mendapatkan trik dan tips saat menjawab wawancara, sehingga seringkali gagal dalam rekrutmen kerja. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yang sesuai dengan solusi yang ditawarkan adalah memberikan psikotes, memberikan tips dan trik menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja, memberikan latihan soft skill, dan memberikan pengetahuan dalam kesiapan menghadapi dunia kerja. Hasil pelatihan ini memberikan wawasan kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas kegiatan serupa di masa depan, memastikan setiap lulusan SMK Al Asror Semarang memiliki kompetensi yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja.
Downloads
References
Chan, C. S. (2019). Long-term workplace communication needs of business professionals: Stories from Hong Kong senior executives and their implications for ESP and higher education. English for Specific Purposes, 56, 68-83.
Fachraini, S. (2017). An Analysis Of Students’ Motivation In Studying English. Getsempena English Education Journal, 4(1), 47-57.
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 17(1).
Halawa, M. V. B. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Platform Media Sosial dalam Pembelajaran Praktikum Secara Daring. Attractive: Innovative Education Journal, 3(1), 52-64.
Mandasari, B. (2020). The Impact of Online Learning toward Students’ Academic Performance on Business Correspondence Course. EDUTEC: Journal of Education and Technology, 4(1), 98-110.
Mandasari, B., & Aminatun, D. (2019). Uncovering students’ attitude toward vlogging activities in improving students’ speaking ability. Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics, 8(2), 214-225.
Mandasari, B., & Aminatun, D. (2020). Improving Students’ Speaking Performance Through Vlog. English Education: Journal of English Teaching and Research, 5(2), 136-142. https://doi.org/10.29407/jetar.v5i2.14772 Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., & Sitepu, S. S. W. (2020). EXPLORING LEARNERS’AUTONOMY IN ONLINE LANGUAGELEARNING IN STAI SUFYAN TSAURI MAJENANG. Getsempena English Education Journal, 7(2), 382-394.
Martono, N. (2010). Karakteristik lapangan pekerjaan: Analisis isi iklan lowongan kerja di media surat kabar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(6), 726-736.
Nugrahani, D., Kustantinah, I., & Larasati, I. K. I. P. (2012). Peningkatan Kemampuan Public speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1-6.
Perdana, N. S. (2019). Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).
Sari, F. M., & Wahyudin, A. Y. (2019). Undergraduate Students' Perceptions Toward Blended Learning through Instagram in English for Business Class. International Journal of Language Education, 3(1), 64-73.
Sirait, C. B. (2008). The Power of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara Di Depan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.