Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Etnomatematika merupakan budaya yang memiliki unsur matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kontribusi penerapan etnomatematika pada proses pembelajaran matematika, khususnya untuk siswa sekolah dasar. Bagaimana hasil pembelajaran yang menerapkan etnomatematika dalam proses pembelajaran matematika dikelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, peneliti melakukan kegiatan observasi atau pengamatan secara langsung serta wawancara kepada pihak terkait atau narasumber tentang pembelajaran menggunakan etnomatematika. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran matematika yang diterapkan dengan konsep etnomatematika mempunyai kontribusi yang besar dalam membantu pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran khususnya materi bangun datar dan bangun ruang, kontribusinya jelas terlihat dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa, dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa karena adanya penerapan pembelajaran dengan konsep etnomatematika hal ini terlihat dari nilai hasil ulangan harian siswa dan juga terlihat dari antusiasme siswa ketika guru sedang mengajar menggunakan etnomatematika sebagai sumber dan bahan ajar pembelajaran matematika.
Kata kunci:etnomatematika sunda, sekolah dasar, pembelajaran matematika.
ABSTRACT
Ethnomathematics is a culture that have an element of mathematics.Objectives of the study are to uncover the contribution of the application of etnomatematika to the process to learning mathematics, especially for primary school student andthe learning outcomes that apply ethnomatematics in the learning process of mathematics in the classroom.The research method used was descriptive qualitative, researchers conducted direct observationsand interview to the teachers and students about learning using ethnomathematics. The result of this research are (1) the application of learning mathematics that is applied by the concept of etnomatematika have a significant contribution in helping students understanding of learning especially two dimensional three dimensional subject matter and (2) students’ learning outcomes has increased because the presence of the application of learning with the concept of the etnomatematika this can be seen from the results of daily remedial students and can also be seen from enthusiasm students as the teacher was teaching use etnomatematika as a source of and teaching materials learning mathematics.
Keywords: ethnomathematics, elementary school, mathematics learning.
Downloads
References
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam pembelajaran matematika (pembelajaran bilangan dengan media batik Madur, tari khas trenggal dan tari khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 716–721.
Fitri, E., Sari, P., & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada kebudayaan rumah adat ogan komering ulu sumatera selatan. Journal of Medives, 2(1), 137–144.
M. Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Marsigit. (2016). Pembelajaran matematika dalam perspektif kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132–141.
Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika untuk siswa SD berbasis aktivitas budaya dan permaianan tradisional masyarakat kampung Naga. Jurnal Siliwangi, 1(1), 63–74.
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Jurnal Infinity, 5(1), 25–31.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: eksplorasi dalam permaian tradisonal Jawa. Journal of Medives, 2(1), 1–11.
Supriyani, Mastur, Z., & Sugiman. (2015). Keefektifan model pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135–141.
Wuryandani, W. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar (Vol. 1, pp. 1–10). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright for all articles belongs to the authors. All other copyright is held by the journal.