Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data menunggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengolahan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di Rumah Tahfidz Darul Islah Sindang Sari Natar Kabupaten Lampung Selatan sudah berjalan dengan baik. penanaman akhlak siswa dengan cara menjadi teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. akhlak siswa sudah tergolong cukup baik disekolah tersebut. Faktor penghambat adanya keterbatasan waktu, siswa kurang menyadari mengenai akhlak baik, Kurangnya perhatian orang tua, serta Lingkungan masyarakat khususnya lingkungan pergaulan.
Solusi yamg bapak/ibu lakukan dalam mengatasi hambatan Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah siswa yakni dengan cara melakukan arahan atau memberikan pejelasan kepada peserta didik, meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa/wali peserta didik, Meningkatkan kerjasama dengan guru lain dan pemberian nasihat. Nasihat suatu didikan dan peringatan yang diberikan berdasarkan kebenaran dengan maksud untuk menegur dan membangun seseorang dengan tujuan yang baik. Peran guru/ustadz di Rumah Tahfidz Darul Islah Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Akhlakul Karimah. Guru merupakan contoh terbaik dalam pandangan anak, karena segala tindakkannya, sopan santunnya, cara berpakaiannya, kedisiplinannya dan tutur katanya akan selalu diperhatikan oleh peserta didik.
Downloads
References
Al Qur’an dan terjemah. (2015). Jakarta : Kementrian Agama Republik Indonesia
Amin Al Fauzan, Implementasi pendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan hidup dan budaya di Sekolah Menengah Pertama, Indonesian Journal Of Social Science Education volume 1, Nomer 1 Januari 2019, h.88, diunduh maret 2020, https://journal.iainbengkulu.ac.id/indek.php./ijsse/article/view/1917/1603
Yunahar, I. (2018). Kuliah Akhlak. Yogyakarta : Pustaka pelajar Ofiset
Amin Al Fauzan. (2015). Metode pembelajaran Islam, iain Bengkulu.
Amin Al Fauzan. (2018). Model Pembelajaran Agama Islam Di sekolah. Yogyakarta: Samudra Biru.
Amin Al Fauzan. (2018). Pengembangan materi agama Islam berbasis model pembelajaran Inquiry Training untuk karakter kejujuran siswa, Jurnal At Ta’lim, Vol 17 No 1, 2018, h.2. Di unduh Maret 2020. http://ejouranal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/141
Amin, Samsul Munir. (2016). Ilmu Akhlak Jakarta: Amzah
Anwar Roshidin. (2016). Akidah Akhlak, Bandung: Pustaka Setia
Carius Franolo Fransis. (2015). Stratengi Guru PAI Dalam Menanamankan NilaiNilai Akhlak Mahmudah Kepada Siswa Di Smp Negeri 04 Seluma Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma, skripsi s1 Fakultas tarbiyah, IAIN Bengkulu.
Dhea.Ma, “Macam-Macam Nilai Menurut Waber G.Everet” Artikel Diakses Pada 05 Maret 2020 dari http://Blogdeee.Blogspot.Com/2011/03/Macam-Macam-Nilai-MenurutProf.Html.
Gunawan Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hakim Atang abdul dan Mubarok Jaih, 2017, Metodologi Studi Islam, Bandung: Rosda Karya.
Hamka. (2015). Tasawuf Modern. Jakarta: Republika Penerbit.
Iwan, Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Bekarakter, Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah Vol 1 No 1, h. 10-13. Diunduh september 2020. file:///C:/Users/Asus/Downloads/1226-3141-1-PB.pdf
Kholisin, dkk. (2012). Buku Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas 10, Jakarta: Media Ilmu.
Kholisin, dkk. (2012). Buku Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas 11, Jakarta: Media Ilmu.
Lendiansyah. (2019). Keteladanan Guru Aqidah Akhlak Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Di Mts Qaryatul Jihad Di Desa Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah, skripsi s1 Fakultas tarbiyah, IAIN Bengkulu.
Majid Abdul & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Presfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marpani Henita. (2010). Pengaruh Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Akhlak Mahmudah Kepada Siswa Dikelas IX SMPN 4 Bungin Tambun Kabupaten. Kaur, (skripsi s1 Fakultas tarbiyah, IAIN Bengkulu).
Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.
Moeljadi David, dkk. (2020). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Diakses Melalui Https://Github/Com/Yukuku/Kbbi4 15 Juni 2020.
Moleong Lexy J, (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M.Rizal & Rika Putra. (2017). Peran Guru Dalam Membina Akhlakul Karimah Pada Siswa Kelas VIII Mts Nw Bagik Polak Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah, UIN Mataram.
Nata Abuddin. (2017). Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Press
Ramayulis. (2015) Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia.
Santori Djama?an & Aan Komaria. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Alpabeta.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta
Suma M. Amin. (2014). Ulumul Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutarjo Susilo. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta:Rajawali press
Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan, jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. 1 – 2017, h. 53, Http://Jurnal.Upi.Edu/File/05_Pembinaan_Akhlak_Mulia_-_Manan2.Pdf
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:Depdiknas.
Yunahar Ilyas. (2014). Kuliah Akhlaq. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidkan Karakter. Jakarta:Kencana.