Peran Media Sosial Dalam Membentuk Persepsi Wisatawan terhadap Wisata Kota Lama Semarang

  • Laely Mukaromah Universitas Ivet
  • Khasanah Khasanah Universitas Ivet
  • Siti Nurindah Sari Universitas Ivet

Abstract

Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi wisata heritage yang memiliki keindahan arsitek dan memiliki nilai bersejarah serta memiliki daya tarik budaya tinggi. Perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial, telah menjadi salah satu sarana utama dalam mempromosikan dan membentuk citra destinasi wisata di mata wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam membentuk persepsi wisatawan terhadap daya tarik, fasilitas, dan pengalaman berkunjung di kawasan Kota Lama Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam  kepada wisatawan  para kalangan remaja yang pernah mengunjungi Kota Lama dan aktif menggunakan media sosial, observasi lapangan dan dokumetasi di kota lama semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media sosisal memberikan dampak yang positif dalam persepsi wisatawan terhadap Wisata Kota Lama. Wisatawan modern semakin mengandalkan platform seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, dan Google Maps untuk mendapatkan informasi sebelum berkunjung,  Selain daya tarik intrinsik. Persepsi positif terhadap Kota Lama Semarang semakin menguat ketika pengalaman langsung wisatawan sesuai dengan ekspektasi yang terbangun dari informasi media sosial, memicu siklus positif dalam menarik lebih banyak minat pengguna media sosial untuk mencari tau lebih dalam tentang wisata Kota Lama Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-17
How to Cite
MUKAROMAH, Laely; KHASANAH, Khasanah; SARI, Siti Nurindah. Peran Media Sosial Dalam Membentuk Persepsi Wisatawan terhadap Wisata Kota Lama Semarang. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, dan Humaniora, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-40, july 2025. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manalisih/article/view/4132>. Date accessed: 21 aug. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>