Peran Media Sosial Dalam Membentuk Persepsi Wisatawan terhadap Wisata Kota Lama Semarang
Abstract
Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi wisata heritage yang memiliki keindahan arsitek dan memiliki nilai bersejarah serta memiliki daya tarik budaya tinggi. Perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial, telah menjadi salah satu sarana utama dalam mempromosikan dan membentuk citra destinasi wisata di mata wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam membentuk persepsi wisatawan terhadap daya tarik, fasilitas, dan pengalaman berkunjung di kawasan Kota Lama Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada wisatawan para kalangan remaja yang pernah mengunjungi Kota Lama dan aktif menggunakan media sosial, observasi lapangan dan dokumetasi di kota lama semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media sosisal memberikan dampak yang positif dalam persepsi wisatawan terhadap Wisata Kota Lama. Wisatawan modern semakin mengandalkan platform seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, dan Google Maps untuk mendapatkan informasi sebelum berkunjung, Selain daya tarik intrinsik. Persepsi positif terhadap Kota Lama Semarang semakin menguat ketika pengalaman langsung wisatawan sesuai dengan ekspektasi yang terbangun dari informasi media sosial, memicu siklus positif dalam menarik lebih banyak minat pengguna media sosial untuk mencari tau lebih dalam tentang wisata Kota Lama Semarang.